MUSIK DIGITAL : BIKIN MUSIK TANPA ALAT MUSIK (1)

Written By Unknown on Sabtu, 02 April 2011 | 04.36

Bikin musik tanpa alat musik ? Sepertinya hal ini merupakan sesuatu  yang mustahil, tetapi pada faktanya di era digital musik dewasa ini, semuanya itu bukan merupakan hal yang mustahil. Bahkan cenderung mudah untuk dilaksanakan. Kunci utamanya adalah kita harus memiliki seperangkat alat 'komputer-musik(yang di dalamnya telah terinstall software digital-musik) lengkap dengan peralatan-peralatan pendukungnya, seperti sound-card, flat monitor system, keyboard-controller (bukan keyboard untuk pentas musik lho ...), dan yang penting adalah kita harus dapat mengoperasikan komputer (syarat mutlak).
Setelah semuanya ada ..., terus bagaimana .. ? Oke, buka dulu 'hostware'-nya, saya sebut host-ware karena semua pengerjaan musik-digital ini dikerjakan di sana. Host-ware ini bisa berupa Cubase, Nuendo, Pro-Tools, Fruitty-Loops atau yang lainnya. Kemudian buat minimal 5 track (bisa lebih tergantung kebutuhan) yang nantinya dipergunakan untuk track drum, track bass, track gitar, track keyboard dan track vokal.
Tentukan dahulu tempo atau beat dari musik-digital kita (berapa bpm), proses selanjutnya adalah merekam masing-masing alat musik-digitalnya. Untuk instrument drum bisa digunakan software EZDrummer, BFD Drum, Addictive Drum atau yang lainnya. Untuk bass-gitar bisa dipergunakan software Virtual Bassist, Trilogy atau sample bass yang ada di Sample-Tank atau Hypersonic. Untuk gitar (akustik), keyboard, piano  dan  elektrik gitar (atau instrument lainnya) dapat dipergunakan Real-Guitar, Virtual-Guitarist, The Grand (piano), Korg M-1 (untuk synthesizer) atau sample-sample yang telah terdapat pada Sample-Tank atau Hypersonic. Terakhir, untuk karakter string dapat dipergunakan software Edirol atau sample-sample yang telah terintegrasi dalam Sample Tank atau Hypersonic.
Jadilah sudah musik-digital kita, tinggal bagaimana kita dapat berkreasi serta memanfaatkan kemudahan-kemudahan ini.
Tambahan, untuk merekam vokal, sebaiknya kita gunakan Condenser Mic, supaya hasilnya jernih dan detil-detil suara sang vokalist dapat terrekam dengan baik

Silahkan anda baca juga Bermain dengan Musik Digital.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Selanjutnya bagaimana ?

Unknown mengatakan...

Menunggu paparan selanjutnya .............

jerry mengatakan...

Boleh juga pancingannya yah .........

SIAPA TAU YAROO mengatakan...

bissa aja..

Posting Komentar